Amankan KTT G20 di Bali, Upaya Polri Wujudkan Program Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

BALI, wartapolri.com – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi Nurul Azizah mengatakan, Polri siap mengamankan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali. Menurutnya, pengamanan KTT G20 merupakan wujud nyata Polri dalam menjalankan program pemerintah yang menjadikan pemulihan ekonomi nasional dan sektor pariwisata jadi dua fokus utama pada tahun 2022.

“Pulau Bali juga menjadi salah satu target Pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional. Pesona Bali pun semakin membanggakan, terlebih dengan terpilihnya Bali sebagai tuan rumah event global Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20). Untuk mewujudkannya, tentu saja dibutuhkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dikawal oleh Polri,” kata Nurul dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/9/2022).

Polda Bali, kata Nurul, dalam hal ini melakukan pengamanan ada yang dilakukan secara preemtif, preventif dan represif atau dengan penegakan hukum. Pola pengamanan juga dilakukan dengan sistem zona, yakni zona A, zona B dan zona C. Kemudian dalam zona terbagi kembali menjadi ring, baik ring 1, 2 dan 3.

“Polda Bali melibatkan sebanyak 11 Satgas dalam upaya pengamanan side event Presidensi G20, 11 satgas yang dilibatkan guna melakukan pengamanan di pintu masuk dan lokasi field trip para delegasi di Bali,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan, Nurul menuturkan, Polri selalu berkolaborasi dengan TNI dilaksanakan dengan cara terpadu dan didukung oleh Mabes Polri secara personel dan juga sarana prasarana.

“Dalam pelaksanaan G20, Kodam IX/Udayana bersama-sama instansi terkait lannya secara berkelanjutan telah mematangkan segala kesiapan dan telah dibentuk Satuan Tugas Pengamanan serta Satuan Tugas Evakuasi sebagai antisipasi bila terjadi bencana alam,” katanya.

Ia melanjutkan, optimis penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan menjadi puncak momentum kebangkitan ekonomi, karena adanya peningkatan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Lebih lanjut, ia mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan dalam membenahi kondisi Bali pasca pandemi. Harapannya bersama-sama terus memaksimalkan segala kesiapan sesuai fungsi tugas masing-masing, sehingga KTT G20 dapat berjalan lancar dan sukses.

“Semoga dengan suksesnya acara tersebut akan membuktikan bahwa Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya aman serta nyaman untuk dikunjungi,” katanya.(fah)

Mungkin Anda Menyukai